4 Cara Ampuh Social Media Management
Apa Itu Social Media Management?
Di era yang serba modern ini, menjalankan
bisnis bukanlah hal yang terlalu sulit. Pasalnya, jika Anda ingin mempromosikan
produk atau jasa atau memperkenalkan brand, semuanya bisa Anda lakukan dengan
memanfaatkan social media terutama facebook dan instagram.
Social media management adalah sebuah
analisis perilaku audiens melalui media sosial yang dilakukan oleh perusahaan. Biasanya,
tim social media strategist bersama dengan timnya akan melakukan monitoring
audiens melalui konten-konten sosial media yang sudah diposting.
Tercapainya tujuan dan target digital
marketing akan ditentukan dari bagaimana cara Anda mengelola media sosial Anda
untuk bisnis. Penyusunan dan pengembangan strategi pemasaran yang baik setelah
melakukan analisis audiens tentunya akan meningkatkan potensi Anda meraih
keuntungan yang lebih besar.
Manfaat Social Media Management bagi Bisnis
Social media bukanlah sesuatu yang asing
lagi di masyarakat. Per tahun 2022 ini, pengguna sosial media sudah mencapai
hingga 191,4 juta, lho! Jadi, kalau Anda memahami bagaimana cara menggunakan
media sosial dengan bijak untuk bisnis, maka privilege yang Anda dapatkan bisa
banyak banget. Maka dari itu, bisnis Anda membutuhkan social media management yang baik.
Apa saja manfaat social media management? Simak di bawah ini, ya!
Untuk mencapai tujuan
marketing yang Anda inginkan, Anda perlu memiliki manajemen social media yang
baik. Jadi, apakah social media management itu?
1.
Memperluas Pasar Hingga ke Seluruh Dunia
Pengguna sosial media ada di berbagai
negara. Jumlahnya yang gak sedikit inilah yang menjadi keuntungan tersendiri
bagi para pebisnis yang memanfaatkan sosial media untuk mengenalkan brand.
2. Bisa Dimanfaatkan sebagai
CRM
Sebagai platform yang interaktif, Anda bisa
dengan mudah berinteraksi langsung bersama audiens. Selain itu, media sosial
juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk para pelanggan yang ingin komplain
atau sekedar memberi feedback kepada perusahaan.
3. Informatif
Penyebaran informasi melalui sosial media
itu cepat banget. Hanya dalam hitungan detik, Anda bisa memposting informasi
apapun dan akan langsung disaksikan oleh pengguna sosmed dari berbagai penjuru
dunia.
4. Gratis
Ini yang paling penting! Anda tidak perlu
mengeluarkan biaya untuk menggunakan social media. Untuk memantau audiens
seperti di Instagram, Anda bisa menjalankannya sendiri, karena ada fitur
insight yang disediakan secara cuma-cuma. Tapi, kalau mau hasil monitoring yang
lebih efektif, Anda bisa bekerja sama dengan social media agency seperti
DiPStrategy!
5. Bisa Meningkatkan Penjualan
Pemanfaatan medsos untuk bisnis disertai
dengan social media management yang baik akan memudahkan Anda untuk
meningkatkan penjualan. Untuk hasil pengelolaan sosmed yang optimal, Anda bisa
menggunakan jasa social media management dari DiPStrategy,
lho.
Bagaimana Cara Mengelola Media Sosial dengan Baik?
Nah, kalau tadi sudah membahas
manfaatnya, sekarang kita bahas, yuk bagaimana cara mengelola sosial media yang
baik!
1. Tentukan Objective
Bersosial Media
Menggunakan sosial media untuk bisnis
bisa karena beberapa tujuan tertentu. Anda mau meningkatkan traffic? Leads?
Hingga penjualan? Pengelolaan sosial media akan semakin mudah kalau Anda tahu
apa yang Anda tuju.
2. Set Up Bio dengan
Informatif dan Lengkap
First impression itu penting banget.
Kalau di sosmed, bio adalah hal pertama yang akan dilihat oleh calon pelanggan
Anda. Jadi, pastikan Anda menuliskan bio di profil medsos dengan informatif dan
lengkap, ya!
3. Buat Konten yang Menarik
dan Relevan
Apa yang Anda posting di medsos akan
mempengaruhi tingkat minat pembeli Anda. Nah, membuat konten yang menarik bisa
Anda lakukan dengan cara membuat content pillar terlebih dahulu
Pastikan juga untuk tidak membuat konten
yang menyimpang. Misal, target marketing Anda adalah remaja, maka Anda juga
perlu mengetahui bagaimana penggunaan media sosial yang baik dan aman untuk
remaja agar konten relevan dan tidak melanggar kebijakan privasi.
4. Meningkatkan Engagement
Mendapatkan performa konten yang maksimal
bisa Anda wujudkan melalui posting konten-konten yang bisa meningkatkan
engagement rate. Tapi, untuk bisa meningkatkan penjualan, Anda juga perlu
meningkatkan engagement dengan menghitung engagement rate dengan benar dan
seksama. Jangan lupa juga untuk aktif berinteraksi dengan audiens melalui DM
atau komentar.
Itu dia beberapa hal yang
perlu Anda ketahui dari manajemen sosial media. Pemanfaatan sosial media yang
baik dan benar akan memberikan Anda berbagai macam privilege jika social media
management yang Anda terapkan sudah sesuai dengan tujuan pemasaran Anda. Semoga
bermanfaat, ya!
Sumber : 4
Cara Ampuh Social Media Management yang Sering Digunakkan Agency
(dipstrategy.co.id)